Wednesday, 30 December 2015

Handling Complaint Tamu

Dalam pekerjaan saya, biasanya saya mencari tamu dengan menjalin kerja sama dengan travel agents dan hotel - hotel. Namun selain itu ada juga, yaitu menghandle complaint tamu yang sudah beraktivitas dengan perusahaan kami, misalnya diving.

Berikut ini biasanya menghandle client kami:

1. Apabila ada feed back kurang baik dari tamu yang beraktivitas, biasanya tamu sudah kembali ke negaranya baru berani complaint. Saya biasanya mencek lebih dulu dimana letak kesalahan kami yang menyebabkan tamu complaint.

2. Setelah tahu letak kesalahan apakah ada di pihak kami atau dari tamu yang mengada-ada, apabila tamu yang mengada - ada supaya uangnya kembali, kami biasanya akan berusaha keras untuk menunjukkan bahwa kami tidak melakukan kesalahan. Namun apabila kami yang salah, kami akan meminta maaf, lalu menawarkan permainan lain untuk dilakukan oleh tamu.

3. Apabila tamu benar-benar tidak puas, maka kami mengembalikan pembayaran tamu yang sudah kami terima. Sehingga travel agent atau hotel yang bekerja sama dengan kami tidak berhenti merekomendasikan perusahaan kami kepada tamu-tamunya.



No comments:

Post a Comment

Lirik Lagu Batak "ALUSI AU"

Marragam-ragam do anggo sitta sitta dihita manisia. Marasing-asing do anggo pangidoan diganup-ganup jolma. Hamoraon hagabeon hasangapon i...